CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Kamis, 23 Februari 2012

KHASIAT SI KULIT PISANG

Hey Guys..
     Tahukah kalian bahwa kulit buah pisang mengandung banyak manfaat???? tidak hanya buah nya saja yang mengandung manfaat, ternyata kulit nya pun juga mengandung banyak manfat lhoo..
Sering kali kita mengira bahwa kulit pisang hanya bisa membuat sial aja seperti terpeleset lah, tapi ternyata TIDAK, justru kulit pisang ini membawa banyak khasiat.

Sudah pada tau ngga tuh mengandung banyak manfaat??? kalau belum tau akan selvi beritahu deh manfaat nya..hehe
                                      
                               
Next, manfaat kulit buah pisang ini datang dari peneliti Taiwan yang mengatakan bahwa ekstrak kulit pisang ternyata berpotensi mengurangi gejala depresi dan menjaga kesehatan retina mata,dan diketahui juga bahwa selain mengandung vitamin B6, kulit pisang ternyata mengandung banyak serotonin yang sangat vital untuk menyeimbangkan mood. Selain itu manfaat nya juga banyak lhoo, ekstrak kulit pisang berguna untuk menjaga retina dari kerusakan cahaya akibat regenerasi retina.

Okeeh, lanjut lagi..
Sementara itu untuk mengatasi depresi, para peneliti menyarankan untuk meminum air rebusan kulit atau membuatnya dalam bentuk jus segar selama beberapa kali dalam seminggu, meskipun belum ada penjelasan nya nih, tapi para ahli meyakini rendahnya kadar serotonin di dalam otak akan menyebabkan timbulnya depresi.  And serotonin yang cukup akan membuat seseorang itu menjadi tenang dan rileks.

Next, selain yang aku beritahu manfaat kulit buah pisang tadi, masih ada banyak sekali manfaat kulit buah pisang ini, diantara nya yaitu :



1. Meredakan nyeri
Minyak nabati yang terkandung dalam kulit pisang punya senyawa tertentu yang berkhasiat sebagai pereda nyeri. Tempelkan kulit pisang yang bersih dan masih segar untuk mengurangi rasa nyeri pada luka bakar atau tergores.

2. Mengatasi gatal
Gatal-gatal akibat gigitan serangga atau alergi ringan bisa diatasi dengan kulit pisang. Caranya cukup dengan menempelkannya di permukaan kulit yang terasa gatal.

3. Mengobati kutil
Kulit pisang diyakini punya aktivitas antivirus, sehingga banyak yang menggunakannya untuk mengusir kutil dari permukaan kulit. Caranya dengan menempelkan kulit pisang, lalu ditahan dengan plester dan dibiarkan hingga sembuh dengan sendirinya.

4. Mempercepat kesembuhan luka
Luka yang sudah mulai kering terasa gatal karena tertutup serpihan kulit mati yang mengeras. Serpihan itu bisa dihilangkan lebih cepat hanya dengan mengoleskan kulit pisang, karena akan bereaksi dengan enzim yang terkandung di dalamnya.

5. Menyuburkan tanah
Tidak hanya untuk campuran kompos, kulit pisang bisa langsung ditimbun begitu saja ke dalam tanah untuk menyuburkan tanaman di sekitarnya. Kulit pisang memiliki kandungan potassium yang sangat dibutuhkan dalam pertumbuhan tanaman.

6. Mengkilapkan tanaman hias
Berbagai tanaman hias semacam anthurium, gelombang cinta dan sejenisnya akan lebih menarik jika daunnya tampak hijau mengkilap. Gunakan sisi dalam kulit pisang yang teksturnya lunak untuk memolesnya, maka dedaunan itu akan mengkilap dan lebih tahan lama.

7. Mengkilapkan sepatu
Tidak perlu panik jika suatu saat kehabisan semir sepatu, asalkan ada pisang di lemari es. Kupas biuahnya, lalu gunakan kulitnya untuk memoles sepatu kulit agar tampak mengkilap seperti habis disemir.

Gimana guys, banyak sekali kan khasiat dari si kulit pisang ini ??????? ternyata tidak hanya rasa daging buah nya yang enak, banyak vitamin and sering dimakan, dan membawa kesialan lhooo... ternyata kulit nya pun juga..!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar